Sepanjang 2023, Pandi Sebut Jumlah Nama Domain .id Memelesat, Tertinggi di ASEAN

Selamat datang Agen Resmi di Situs Kami!

Agen Resmi, JAKARTA SELATAN – Pengelola Nama Domain Internet (Pandi) Indonesia mengumumkan nama domain .id akan mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2023. Sepanjang 2023, Pandi Sebut Jumlah Nama Domain .id Memelesat, Tertinggi di ASEAN

Bahkan mereka mengklaim nama domain tersebut masih yang tertinggi di ASEAN

Baca juga: PANDI Dukung UMKM Go Digital dan Tawarkan Hadiah Spesial Akhir Tahun

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Pandi John Sihar Simanjuntak saat jumpa pers Pementasan 2023 di Jakarta Selatan, Rabu (31/1).

“Jumlah nama domain .id saat ini merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebanyak 951.421 nama domain per 31 Desember 2023, atau meningkat 31 persen dari 726.305 nama domain pada tahun 2022,” ujar John Sihar. Kepada tim media. 25 Link Twibbon Isra Miraj 2024, Yuk Sebarkan di Media Sosial!

Baca juga: Akhir Tahun, Pandi Tawarkan Harga Spesial untuk Domain .id

Dijelaskannya, jumlah pengguna domain Biz.ID meningkat sebesar 511 persen, dari 18.846 pada tahun 2022 menjadi 96.218 pada tahun 2023.

Setelah itu, jumlah nama domain MY.ID meningkat hampir 33 persen dari 279.576 pada tahun 2022 menjadi 372.628 pada tahun 2023.

Baca juga: Hadir di Acara APTLD, Pandi: Kami Siap Kembangkan Kebijakan dan Keamanan Siber

Lebih lanjut John mengatakan peningkatan domain BIZ.ID menunjukkan dukungan Pandi terhadap UMKM.

“Kami selalu mendukung program Go Digital Indonesia untuk 30 juta UMKM,” jelas John.

Meningkatnya jumlah nama domain ini merupakan hasil kerja keras Pandi dalam mempromosikan nama domain .ID, khususnya BIZ.ID dan MY.ID, melalui berbagai acara yang melibatkan pengusaha UMKM dan berbagai elemen masyarakat.

“Selain berbagai acara/sosialisasi/kompetisi yang diadakan, penyesuaian harga nama domain BIZ.ID juga akan berdampak pada peningkatan jumlah pengguna domain BIZ.ID,” kata John.

Menurutnya, Pandi terus melakukan inovasi dalam berbagai hal, termasuk teknologi Blockchain agar domain .id dapat digunakan sebagai identitas digital.

“Selain menggunakan teknologi Blockchain, kami juga mengembangkan penggunaan aksara Bali, Jawa, dan Pegon sebagai second level domain (SLD) dari domain .id,” kata John.

“Ada beberapa domain .id yang telah kami siapkan untuk digunakan dalam teknologi Blockchain, seperti “d.id, cb.id, btc.id, hns.id, eth.id, blockchain.id, space.id, galaxy. pengenal. , selamanya .ID dan seterusnya,” imbuh John.

John mengatakan pihaknya ingin mencapai 1,2 juta nama domain .id pada tahun 2024. Sepanjang 2023, Pandi Sebut Jumlah Nama Domain .id Memelesat, Tertinggi di ASEAN

“Bisa dihosting di negara sendiri, mengalahkan TLD (top-level domain) lainnya,” ujarnya.

Namun untuk mencapai hal tersebut, Pandi akan terus berinovasi dan berkolaborasi untuk memperkuat layanan domain.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan nama domain .id,” jelas John. (ddy/jpnn)

Baca artikel lainnya… Pandi akhirnya bisa mewujudkan mimpinya